ISTILAH YANG SERING DIPAKAI DALAM CASHFLOW 101 & 202

game cashflow 202

Penulis anggap Anda telah mengetahui sedikit dan memahami istilah-istilah yang akan Anda temui dalam permainan CASHFLOW 101 dan CASHFLOW 202 nantinya.. Jika Anda masih belum memahami tentang hal tersebut diatas, Anda akan mengalami kesulitan dalam bermain game ini.. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena penulis akan menjelaskan secara gamblang untuk Anda.

Dari pengalaman penulis, penulis bahkan memainkan game ini tanpa mentor dan tanpa petunjuk. Belajar otodidak sendiri.. Awalnya penulissempat stress memainkan game CASHFLOW 101 dan CASHFLOW 202 ini.. Karena penulis sendiri bukan berasal dari jurusan ekonomi atau paham tentang akuntansi.. Tapi seiring dengan waktu, dan sikap pantang menyerah, sedikit demi sedikit penulis dapat memahami cara bermain game ini dengan benar.. 


Dengan adanya sharing ilmu dan pengalaman penulis dalam memainkan game ini, Anda bisa lebih cepat lagi mengerti memainkan game ini..

Artikel ini didedikasikan bagi teman-teman yang telah melakukan pembelian CASHFLOW 101 & 202 pada blog masarkandas.blogspot.com dan mengalami kesulitan dalam memainkan game ini.. Artikel ini juga telah dimasukkan dalam bagian "EBOOK PANDUAN BERMAIN GAME CASHFLOW 101 & 202" yang akan didapatkan, jika melakukan pembelian game CASHFLOW 101 & CASHFLOW 202 pada blog ini..

Sebelum bermain, ada baiknya Anda memahami istilah dasar dibawah berikut ini.. Dengan memahaminya, berarti akan mempercepat dan membantu Anda dalam memahami game CASHFLOW 101 dan CASHFLOW 202 ini..

Opportunity Space
Opportunity akan memberikan Anda dua pilihan Small Deal atau Big Deal.. Yang termasuk dalam Opportunity adalah saham (stock), real estate, mutual fund (reksadana) and businnes (bisnis/perusahaan). Kalau Big Deal nilai nominal transaksi akan dimulai di atas $6.000, sedangkan Small Deal adalah transaksi akan memiliki harga di bawah $6.000. Oleh Karena itulah jika CASH ON HAND Anda dibawah $6.000, saya sarankan Anda tidak memaksakan diri memilih Big Deal..

PayCheck Space
Setiap Anda tepat mendarat atau melewati space ini, Anda akan mendapatkan sejumlah uang.. Tambahan uang tersebut dimasukkan kedalam CASH ON HAND.

Baby Space
Platform ini menunjukkan berarti, anak Anda bertambah satu.. Jika Anda pada saat bermain telah jatuh pada platform ini tiga kali, berarti Anda akan memiliki 3 anak.. Dan jika pada saat giliran Anda, ternyata mampir lagi ke platform ini ke -4 kalinya, dan saat itu telah memiliki 3 anak.. Maka maksimum anak Anda tetap 3 anak saja, bukan menjadi 4 anak.. Tambahan anak berarti tambahan pengeluaran.. Berarti biaya anak masuk pada kolom EXPENSE.. Biaya anak hanya akan hilang atau berkurang, jika Anak tersebut menikah.. Unik bukan, walaupun cuman game, ternyata serius juga game CASHFLOW ini.. J


Bank Loan
Menu ini untuk berutang pada bank atau bisa juga menjual cepat property Anda ketika Anda memerlukan uang segera.. Jika Anda meminjam uang dari Bank, maka besarnya adalah nominal pertambahan kelipatan $1.000. Dimana setiap $1.000, akan dibayarkan $100 tiap bulan pembayaran bunga bank..

Charity Space
Jatuh pada platform ini, akan memberikan kesempatan pada Anda untuk menyumbangkan sebagian uang anda pada yang membutuhkan.. Anda bisa memilih untuk donasi/memyumbang atau tidak.. Jika Anda memilih donasi, maka Anda akan menyumbang sebesar 10% dari jumlah Total Income uang Anda.. Kemudian Anda akan diberikan kesempatan menggunakan 2 dadu sebanyak 3 turn (3 kali) untuk giliran Anda berikutnya.. Semakin banyak jumlah dadu Anda, maka semakin sering peluang Anda melewati Paycheck Space berkali-kali..

Doodad Space
Ketika Anda mendarat pada Doodad Space, maka Anda diberikan pilihan untuk membayar biaya, apakah dengan cara tunai (CASH ON Hand) atau dengan cara menggunakan kartu kredit (credit card)..

Downsized Space
Ketika Anda mendarat pada space ini, Bank akan menarik seluruh jumlah total pengeluaran (Total Expenses) dikurangi passive income.. Anda juga akan kehilangan giliran (rolling) sebanyak 2 kali putaran berikutnya..

Market Space
Ketika Anda mendarat pada space ini, Market akan memberikan Anda dan lawan Anda kesempatan untuk menjual Asset masing-masing. Walaupun Anda tidak tertarik atau tertarik, Anda bisa menjual saham (stock), reksadana (mutual fund) Anda, atau property Anda tergantung kartu yang Anda dapatkan..

Income and Expense (Laporan Keuangan Rugi/laba)
Laporan Finansial ini berisikan jumlah penghasilan dan passive income Anda dan semua pembelanjaan atau pengeluaran yang dikeluarkan selama satu bulan..

Assets and Liabilities (Neraca)
Neraca ini berisikan jumlah asset Anda dan jumlah liabilities Anda.. Stock, mutual fund, real estate, business masuk dalam kolom assets.. Sedangkan liabilities termasuk home mortgage, credit card, school loans, car loans, retail debt, etc.

Related Posts:

1 Response to "ISTILAH YANG SERING DIPAKAI DALAM CASHFLOW 101 & 202"

  1. terimakasih telah share ttg cashflow...soalnya saya baru pertama...sebelumnya pernah denger tapi blm pernah main..main paling monopoly...

    ReplyDelete

Bagi Anda yang ingin berkomentar tapi tidak memiliki id Google, WordPress, LiveJournal, AIM, TypePad, atau Open ID… Maka Anda bisa menggunakan pilihan Anonymous atau Name/Url..

Komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan blog ini... Oleh karena itu, jangan ragu-ragu, silakan berkomentar.. Salam Blogger..